First Drive Honda CR-V 1.5 Turbo Honda Cikarang


First Drive Honda CR-V 1.5 Turbo Honda Cikarang

Generasi kelima Honda CR-V ini nyaris totally model change. Desain kontur atap bagian buritan terlihat lebih bisa diterima banyak orang dibanding generasi sebelumnya yang menyerupai station wagon. Bukan hanya bodi luar, tampilan kabin bahkan lebih drastis perubahannya. Kabinnya jauh lebih mewah dibanding generasi sebelumnya.

Kualitas material kabin terasa lebih baik. Motif panel aksen kayu dengan guratan natural sengaja dibuat warna dof hingga terkesan mewah.

Desain jok apalagi. Saat diduduki, terasa mantap menopang badan. Kenyamanan jok setara dengan mobil-mobil Eropa dan dilengkapi kontrol elektrik buat baris terdepan. Istimewanya, kini ada jok baris ketiga hingga menjadikannya SUV 7-seater. Meski harus diakui, kenyamanan di jok paling belakang tak bisa disamakan dengan jok baris tengah.

Sektor mesin jadi perhatian kami. Karena buat pertama kalinya Honda menyematkan mesin turbo 1.500 cc di CR-V. Mesin ini diambil dari Honda Civic (173 dk) yang lebih dulu hadir di Indonesia. Biarpun begitu, tenaga mesin di CR-V lebih tinggi (190 dk) karena pemrograman ulang di kontrol elektronik mesinnya.

Namun, jika dibandingkan dengan mesin 2.400 cc yang ada di generasi sebelumnya, sebenarnya tidak ada peningkatan tenaga. Hanya saja torsinya naik dari 222 Nm menjadi 240 Nm dan didapat di rentang putaran mesin lebih luas, yaitu 2.000-5.000 rpm. Secara sekilas kenaikan torsi memang kurang terasa signifikan saat dikemudikan. Baru terasa saat pedal gas dikick-down. Sayang kami masih merasakan gejala turbo lag di putaran bawah. Baru di sekitar 2.000 rpm, mesin bereaksi spontan. Uniknya, gejala turbo lag ini kami temui lebih minim di Honda Civic yang memakai mesin serupa.

Namun, saat mobil dikendarai dengan santai, performanya lebih dari cukup. Bahkan kehalusan rambatan tenaga mesin serta kinerja transmisi otomatis CVT-nya mampu menciptakan kenyamanan berkendara. Rentang torsi maksimal yang lebar membuat mobil terasa selalu sigap bergerak kapanpun dibutuhkan. Saat terjebak di kemacetan perkotaan yang padat, karakter mesin ini terasa sangat menyenangkan dan tak membuat lelah pengemudi.

Fitur rem parkir elektronik ikut melengkapi kenyamanan. Tinggal tekan tombol untuk mengaktifkan dan melepas rem parkir. Pun dengan auto brake hold yang menahan laju mobil saat harus berhenti sesaat di tanjakan.

Kami rasa figur konsumsi BBM di mesin baru ini cukup menjanjikan. Sayangnya di sesi tes yang dihelat PT Honda Prospect Motor di sekitar Malang-Gunung Bromo-Surabaya kali ini kurang ideal untuk mengukurnya. Tak sabar rasanya buat kami uji saat unit tesnya sudah siap dipinjam.

Kenyamanan kabin agaknya jadi fokus utama di generasi baru CR-V ini. Hal ini cukup terasa dari peredaman kabin yang lebih baik. Suara-suara dari luar, putaran mesin dan gesekan ban ke permukaan jalan tereduksi dengan baik. Kondisi inilah yang membuat kabin terasa tenang dan nyaman. Hal ini juga ditunjang karakter suspensi yang lembut. Ia mampu meredam saat melibas jalan kasar, tapi tak terlalu limbung saat bermanuver kencang di trek aspal mulus.

Jika Anda mencari Medium SUV nyaman dikendarai dan dinaiki, Honda CR-V terbaru ini bisa jadi kandidat kuat untuk dimiliki. Ia punya paduan kinerja mesin dan transmisi yang halus. Serta ayunan suspensi yang empuk. Desain dan material busa pelapis jok juga patut mendapatkan apresiasi. Pengemudi dan penumpang tak lekas lelah meski berkendara dalam jangka waktu cukup lama.

 

Sumber : http://autobild.co.id/Test/First-Drive/First-Drive-Honda-Cr-V-15l-Turbo-Prestige

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *