Meski Kehilangan Karakter, Sedan Masih Ada Peminatnya


Bandung -Segmen sedan di Indonesia memang tak sebesar pasar multi purpose vehicle (MPV) atau sport utility vehicle (SUV). Meski begitu, Honda Prospect Motor (HPM) menilai, pasar sedan masih penting.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy menyebut, sekarang karakter khas mobil sedan sudah mulai pudar. Sebab, karakter sedan yang biasanya terlihat mewah sudah bisa dinikmati di model lain seperti MPV dan SUV.

“Kita bicara bahwa sedan itu hilang karakternya. Karena sedan itu biasanya mewah, jok kulit lah, fog lamp, wood panel segala macam. Akhirnya sedan kehilangan karakter karena itu sudah didapatkan di MPV, SUV,” kata Jonfis menjawab pertanyaan detikOto di Bandung, kemarin.

Dia menjelaskan, MPV dan SUV lebih diminati karena memiliki karakter khasnya seperti bisa menampung banyak penumpang. Sementara kemewahan sedan sudah bisa dirasakan di dua segmen itu.

“Sedan bukan lagi sedan. Sedan sudah tidak punya karakter lagi. Sedangkan MPV dia seven seater, SUV punya ground clearance tinggi. Ya makin lama makin turun, meski secara volume sebenarnya tidak turun,” ujar Jonfis.

Makanya, HPM menghadirkan sedan Civic dengan mesin 1.5L turbo. Dia mengklaim, dengan membawa Civic turbo itu, Honda akan membawa kembali karakter sedan yang menyenangkan untuk dikendarai.

“Peminat sedan tetap ada. Sedan itu lumayan, enggak sedikit, 2-3 persen dari total penjualan nasional. 4×4 saja di bawah 1 persen,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *