5 Perawatan Mobil di Rumah untuk Isi Waktu Saat PSBB

5 Perawatan Mobil di Rumah untuk Isi Waktu Saat PSBB

Sejumlah provinsi telah menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) demi mempercepat penanganan pandemi virus corona. Selama masa tersebut banyak kantor meliburkan karyawannya. Jika Anda termasuk salah satunya, ada baiknya memanfaatkan waktu luang untuk melakukan perawatan mobil di rumah. Agar mobil kembali siap digunakan setelah masa PSBB berakhir. Apa saja yang bisa dilakukan?

1. Memeriksa kondisi banĀ 

Perawatan ban mobil bisa dilakukan dengan sederhana, yaitu melihat kondisi visualnya. Perhatikan apakah ban telah mengalami keretakan. Saat mencapai usia tertentu karet ban mobil mungkin saja getas dan retak. Jika sudah parah maka Anda harus segera menggantinya.

Tak kalah penting, perhatikan juga kondisi anginnya Satu hal yang perlu diketahui adalah volume angin ban mobil bisa saja mengalami penyusutan ketika mobil tak digunakan dalam waktu lama. Selagi ada waktu, sebaiknya Anda menambah angin ban mobil agar tak kempis. Jangan ketinggalan untuk ikut memeriksa kondisi ban cadangan.

2. Cek air radiator

Radiator memiliki fungsi penting dalam proses kerja mesin mobil. Radiator berguna untuk menjaga temperatur mesin terhindar dari overheat. Maka itu perawatan berkala sangat diperlukan.

Cara paling mudah untuk melakukannya ialah memeriksa kondisi air radiator. Anda bisa melihat tabung reservoir yang biasanya terletak tak jauh dari radiator itu sendiri. Jika air radiator sudah berkurang, Anda bisa mengisinya dengan radiator coolant yang bisa ditemui dengan mudah di pasaran.

Untuk diperhatikan, pastikan kondisi mesin dalam kondisi dingin ketika hendak mengecek air radiator. Waktu terbaik adalah saat pagi hari ketika mesin mobil sama sekali belum dinyalakan.

3. Membersihkan interior

Di tengah pandemi corona yang melanda Indonesia bahkan dunia, pemilik kendaraan disarankan untuk lebih rutin membersihkan kabin mobilnya. Sudah bukan rahasia kabin mobil adalah tempat bersarangnya bakteri dan virus.

Anda bisa membersihkan bagian-bagian interior yang sering dipegang, contohnya lingkar setir hingga komponen-komponen di dashboard. Proses pembersihan bisa dilakukan menggunakan air sabun dan bantuan alat penyemprot serta lap bersih.

Lebih bagus lagi jika sekalian membersihkan celah-celah di dalam kabin dan jok menggunakan vacuum cleaner.

4. Mengganti wiper yang sudah usang

Perawatan komponen yang satu ini sering terlewatkan. Padahal jika dibiarkan bisa menimbulkan kerugian. Wiper yang karetnya sudah getas dapat menyebabkan goresan pada kaca depan. Selain itu kemampuannya menyapu air pun menurun.

Selagi ada waktu, tak ada salahnya untuk memeriksa kondisi wiper dan menggantinya jika kondisi sudah tak sempurna. Tak ketinggalan, periksa juga air wiper yang tersisa pada tabung penampungnya.

5. Mencuci mobil

Walau terdengar sederhana, mencuci mobil juga bisa dibilang sebagai perawatan kendaraan. Utamanya untuk sektor eksterior. Dengan mencuci mobil artinya kita berusaha mengangkat kotoran dari pori-pori cat kendaraan yang jika dibiarkan dalam waktu lama bisa menyebabkan kilau jadi berkurang.

Ketika melakukannya, pastikan Anda menggunakan sabun khusus cuci mobil dan teknik yang benar. Misalnya, mulai membersihkan mobil dari bagian bawah terlebih dahulu, tidak menyemprot air bertekanan secara frontal, dan menggunakan dua lap yang berbeda untuk mencuci serta mengeringkan.

Stay Connected

Model Terpopuler

ALL NEW BRIO
5 Type
Dilihat: 33x
NEW CIVIC TURBO
1 Type
Dilihat: 22x

Slide Model

Rekening Pembayaran

BCA : 194-9591-555
MANDIRI : 11900-2222-5112
PT. Kencana Dharma Abadi