Sejarah Honda Civic tipe R Dari Generasi ke Generasi

Sejarah Honda Civic tipe R Dari Generasi ke Generasi

Honda Civic mengawali penjualannya sejak tahun 1972. Honda Civic sendiri memiliki arti, ‘mobil semua orang dan dunia’. Kini, Honda Civic telah mencapai generasi ke-10. Mengetahui potensi Civic yang besar untuk jadi mobil performa tinggi, Honda akhirnya membuat tipe tertinggi dari Civic yaitu Honda Civic Tipe R.

Dalam pengembangan mobil berperforma tinggi, Honda Civic tipe R diracik dengan bodi dan sasis yang tingan dan tentunya rigid supaya mobil memiliki dapat melaju dengan baik. Mesin khusus yang bertenaga, rem yang pakem digunakan untuk mengimbangi performanya. Tidak lupa disematkan ciri khas dari Honda Civic tipe R yang memiliki emblem Honda berwarna merah dan nuansa interior khas mobil balap.

Kalian sudah tidak asing lagi kan dengan nama Honda Civic, apalagi Honda Civic tipe R yang menjadi primadona saat masuk ke Indonesia di tahun 2017 silam. Namun tahukah kalian bahwa tipe R pada Honda Civic sudah ada dari tahun 1997 lho. Lalu apa saja sih Honda Civic tipe R yang pertama hingga terakhir yang ada di dunia, yuk intip di bawah ini.

MK1 Civic Type R (EK9) 6th Generation

Civic pertama kali memiliki Type R adalah saat generasi keenam dengan basis dari Civic hatchback berkode EK9. Generasi ini biasa dikenal di Indonesia dengan nama panggilan Civic Genio, yang berbodi sedan 4 pintu. Mobil ini diperkenalkan pertama kali pada agustus 1997. Karakter mesin dari EK9 ini juga banyak memiliki kesamaan dengan Integra DC2 Type R.

Menggunakan mesin 4 silinder berkode B16B, VTEC, DOHC berkapasitas 1.600 cc. Mesin ini memiliki output 182 dk pada 8.200 rpm dan torsi 160 Nm pada 7.500 rpm. Disalurkan melalui transmisi close ratio manual 5 percepatan. Dengan beratnya yang sekitar 1.040-1.090 kg, mobil Honda Civic tipe R MKI ini mampu menempuh dari 0 sampai 100 kpj hanya dalam 6,6 detik, dengan kecepatan maksimal dari EK9 sendiri mencapai 225 kpj.

MK2 Civic Type R (EP3) 7th Generation

Pada tahun 2001, Honda Civic tipe R generasi ke-2 rilis, dengan kode bodi EP3. MK2 Type R ini mungkin bisa dibilang memiliki tampang yang cukup kalem untuk sebuah mobil kencang. Namun dibalik tampang kalemnya tersebut, bersembunyi mesin i-VTEC, 4 silinder, K20A2 yang berkapasitas 2.000 cc. Mobil tersebut mempunyai tenaga sebesar 200 dk yang dikawinkan dengan transmisi close ratio 6 percepatan untuk versi EuDM (European Domestic Market).

Sementara versi JDM (Japanese Domestic Market) Honda Civic tipe R generasi ke-2 menggunakan mesin K20A yang sedikit lebih bertenaga, yakni 215 dk. Sebab, varian JDM memiliki crankshaft dan intake manifold yang berbeda, exhaust manifold, camshafts yang lebih tinggi, piston kompresi tinggi, flywheel chrome-moly dan pemrograman ECU yang berbeda, sehingga menghasilkan tenaga lebih besar.

MK3 Civic Type R (FD2/FN2) 8th Generation

Honda Civic tipe R generasi ini ada keunikan tersendiri dimana Type R memiliki 2 model dari generasi yang sama, yaitu berkode bodi FD2 untuk pasar Asia dan untuk Eropa ada FN2. Kita ulas dari FD2 terlebih dulu, ini adalah Type R pertama yang mengusung 4 pintu dan wheelbase memanjang hingga 2.700 mm. Efeknya membuat handling dari FD2 ini lebih stabil di kecepatan tinggi dan saat menikung.

Power Honda Civic tipe R versi Asia juga lebih besar dibanding versi Eropa, dengan 222 dk pada putaran mesin 8.000 rpm dan torsi 215 Nm pada 6.100 rpm. Untuk mengimbangi tenaga tersebut, transmisi masih menggunakan close ratio 6 percepatan dan juga menggunakan rem cakram depan berdiameter 320 mm, 4 pot dari Brembo. Ban yang dipakai juga high performance dengan Bridgestone Potenza RE070 berukuran 225/40R18.

MK4 Civic Type R (FK2) 9th Generation

Setelah berhasil dengan generasi MK3, kelanjutan Honda Civic tipe R MK4 dilakukan pada tahun 2015, dengan mengenalkan Civic Type R FK2. Mobil ini cukup spesial di mata pecinta Type R, karena ini adalah Type R pertama yang menyematkan turbocharger pada mesinnya. Berkapasitas 2.000 cc, pakai mesin berkode K20C1 Direct Fuel Injection turbocharged, dengan Earth Dreams Technology.

Honda Civic tipe R ini memiliki tenaga yang sangat fantastis yaitu 306 dk pada putaran mesin 6.500 rpm dan torsi maksimum 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm. Mesin yang sangat bertenaga ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan dengan LSD yang sudah menjadi standar dari pabrikan.

Honda juga mengklaim bahwa Honda Civic tipe  R dapat mencapai 0-100 kpj dalam waktu 5,7 detik saja. Honda Civic tipe R FK2 ini juga dilengkapi sistem keselamatan yang cukup lengkap, seperti airbag depan 2 buah, airbag pada sisi jendela depan dan belakang, rem dengan anti-lock braking system, electronic brake-force distribution, hill start assist, dan vehicle stability assist.

MK5 Civic Type R (FK8) 10th Generation

Berbasis dari Civic Turbo Hatchback, Honda Civic tipe R MK5 ini mulai dijual pada 2017. Dengan penambahan splitter depan berbahan serat karbon dengan garis aksen merah, saluran udara untuk mendinginkan rem, air intake pada kap mesin, side skirt serat karbon, spoiler besar, diffuser besar di bagian belakang, serta tidak lupa emblem Honda merah. Berkat ubahan tersebut, berhasil membuat Type R generasi ini tercatat sebagai FWD tercepat di Nurburgring.

Mesin K20C1 yang dipakai Honda Civic tipe R ini mempunyai kapasitas 2.000 cc turbocharger. Menghasilkan tenaga hingga 306 dk untuk pasar Amerika dan Asia, lalu 315 dk untuk pasar Eropa dan Jepang, dengan torsi yang mencapai 400 Nm. Lengkap dengan transmisi manual 6 percepatan, membuat mobil ini dapat menempuh 0-100 kpj hanya dalam 5,7 detik saja.

Fitur yang ditawarkan Honda Civic tipe R juga cukup menarik, dengan adanya 3 mode berkendara yaitu R+, Sport dan Comfort, penggunaan rem electric, serta sistem pengereman yang sudah didukung oleh Brembo. Nah, bagaimana Sahabat, sudah paham kan sejarah Honda Civic tipe R hingga seperti sekarang.

Stay Connected

Model Terpopuler

ALL NEW BRIO
5 Type
Dilihat: 33x
NEW CIVIC TURBO
1 Type
Dilihat: 22x

Slide Model

Rekening Pembayaran

BCA : 194-9591-555
MANDIRI : 11900-2222-5112
PT. Kencana Dharma Abadi